Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perempuan Harus Berpendidikan

Friday, June 30, 2023 | 10:43 PM WIB Last Updated 2023-07-01T05:43:29Z



Rasulullah SAW telah bersabda “menuntut ilmu wajib hukumnya bagi laki-laki dan perempuan”. Islam juga sudah sangat menekankan kepada umatnya agar tidak tersesat. Kemudian dalam sabda tersebut dijelaskan diakhir hadist bahwa kewajiban tidak hanya bagi kaum laki-laki saja melainkan perempuan juga sama.

Realita yang ada kenapa dan mengapa di negara kita kebanyakan orang tua mengatakan kepada anaknya bahwasanya perempuan tidak perlu membuang waktu untuk bersekolah atau meniti ke jenjang pendidikan yang tinggi? Toh nantinya juga didapur .

Pada sejatinya dalam sebuah kehidupan perempuan memegang peran yang sangat vital. Namun peran tersebut sangat abstrak bukan? Sebagaimana sang penguasa mengatur bawahannya. Perempuan juga memiliki peran yang sangat signifikan untuk mencetak generasi-generasi selanjutnya yang cerdas dan berakhlak. Dalam hal ini perempuan menjadi central dalam menentukan keberhasilan suatu bangsa. Dan sebuah pendidikan akan meningkatkan kesadaran dan mengembangkan kemampuan perempuan yang berguna bagi masyarakat.

Apa Pentingnya pendidikan bagi perempuan? Bagi perempuan pendidikan sangatlah penting untuk mendidik anaknya, sudah dijelaskan juga didalam hadist yang berbunyi “al ummi madrosatil ula". Yang artinya ibu adalah pendidik pertama bagi anak-anaknya. Dan anak yang cerdas terlahir dari ibu yang cerdas juga. 

Sekarang kalau seorang ibu tidak berpendidikan lantas apa yang akan diajarkan kepada anaknya? Jadi peran  perempuan sangat wajib berpendidikan, walaupun tidak sampai jenjang perguruan tinggi.

Di era modern seperti sekarang, pendidikan juga menjadi faktor penting dalam meraih sebuah kesuksesan dan kesejahteraan. Perempuan juga harus mampu memiliki pemahaman yang sangat luas guna mampu untuk mengikuti kemajuan zaman. Yang mana saat ini sudah mementingkan peran perempuan untuk lebih mandiri dalam menjalankan berbagai aktifitas.

Dan pendidikan bukan hanya untuk formalitas saja, namun  juga sangat bermanfaat bagi berkembangnya pola pikir seseorang. Pendidikan tinggi pun sekarang bisa menjadikan perempuan lebih kritis dalam sebuah hal dan perempuan juga dapat berpikir terbuka mengenai berbagai masalah dari berbagai sudut pandang.

Sehingga  perempuan dapat memutuskan segala sesuatu dengan matang tanpa terpengaruhi oleh hal-hal negatif orang lain, kecerdasan seorang anak di warisi oleh seorang ibu. Dan seseorang yang berpengetahuan tidak lain karna ia mengenyam pendidikan. Bangsa akan menjadi hebat karena lahirnya penerus-penerus yang memiliki pengetahuan yang tinggi.

Jika perempuan hari ini mengatakan bahwa pendidikan bagi seorang perempuan hanyalah sebuah kata belakang maka saya mengatakan itu salah, dikarenakan pendidikan adalah jantung dari segalanya. Pendidikan adalah kunci dari apapun itu, pendidikan adalah jembatan menuju ke arah mana pun, pendidikan adalah nafas bagi kehidupan.



Penulis : Efika Dwi Cahyani (Kader Kopri PR PMII Al Fikr)
Editor : Titis Khoiriyatus Sholihah
×
Berita Terbaru Update